Kali ini, yang akan kita bahas, kaitannya adalah seputar hubungan asmara. Akan saya sampaikan, beberapa hal yang sebaiknya menjadi pertimbangan Anda, sebelum memutuskan untuk menikah.

Banyak orang, sekedar menikah karena merasa sudah waktunya. Padahal waktu yang tepat bagi tiap-tiap orang itu tidak sama. Akan lebih masuk akal bila kita menikah karena menemukan orang yang tepat, bukan karena berpikir waktunya sudah tiba.

Karena bagaimanapun, isinya rumah tangga itu beraneka rupa. Kita semua pasti mendambakan kebahagiaan, tetapi dalam perjalanannya kita juga akan dihadapkan pada pertengkaran, pengorbanan, dan masalah-masalah lain yang berserakan di kanan kiri.

Itulah mengapa penting bagi kita, untuk mempertimbangkan betul-betul, sebelum memutuskan untuk berumah tangga.
Setidaknya, pertimbangan-pertimbangan yang perlu Anda pikirkan, antara lain adalah sebagai berikut.

Yang pertama, menikah bukan hanya soal cinta.

Karena cinta yang hari ini membara, bisa padam dengan cepatnya, bila tidak ada kemauan untuk saling menerima. Di dunia ini tidak ada yang sempurna, termasuk pasangan Anda. Jangan berharap bahwa pernikahan akan menjadi solusi dari semua masalah yang Anda alami sebelumnya.

Yang kedua, patut juga Anda pertimbangkan soal pengaturan keuangan ke depannya.

Diskusikan dengan pasangan, agar ada kesepakatan yang sama soal pengelolaan uang. Karena tidak sedikit rumah tangga, harus dihadapkan pada perpisahan, hanya karena urusan finansial. Untuk itu, bila sudah berumah tangga, pastikan untuk selalu terbuka seputar keuangan. Termasuk soal penghasilan, hutang, dan kebutuhan lain-lain.


Baca Juga :


Kemudian pertimbangan ketiga, adalah mengenali keluarga besarnya.

Ketika Anda menikah dengan seseorang, maka secara tidak langsung Anda juga menikahi seluruh keluarganya. Jadi ketika Anda berniat menikahi pasangan, maka Anda juga harus siap untuk menjadi bagian dari keluarga pasangan Anda tersebut. Bila Anda tidak dapat berbaur ke dalam keluarganya, ini juga berpotensi akan menjadikan masalah dalam berumah tangga.

Pertimbangan keempat, adalah kesepakatan soal anak.
Tanyakan dulu terhadap pasangan, apakah ia ingin memiliki anak atau tidak. Serta sampaikan pula, apa yang menjadi keinginan Anda.

Pertimbangan kelima, adalah soal tempat tinggal.

Setelah menikah nanti, mau tinggal dimana. Jika suatu saat ternyata salah satu dari Anda dipindahtugaskan, lalu akan bagaimana?
Maukah pasangan diajak pindah ke tempat lain yang lebih dekat dengan pekerjaannya, ataukah rumah tangga ini harus dijalani jarak jauh. Ini juga perlu dibahas dari awal.

Lanjut ke pertimbangan ke enam, yaitu kesetiaan.

Karena tentu saja kita berharap, pasangan yang kita sanding hari ini, dapat menjadi teman kita di hari tua nanti. Apakah Anda yakin, orang ini akan selalu berada di samping Anda? Ataukah mungkin ia akan meninggalkan Anda, ketika Anda jatuh dan terpuruk? Pertanyaan ini harus bisa Anda jawab dulu.

Sebaliknya, pertimbangan ketujuh adalah kesiapan Anda sendiri sebagai pendamping. Sebab pernikahan tidak melulu soal pesta dan gembira. Akan ada banyak rintangan dan cobaan yang menghadang kedepannya. Untuk itu, siapkan diri Anda untuk benar-benar berkomitmen dalam pernikahan ini. Jangan sampai terucap kata ‘cerai’ setiap kali rumah tangga ini diuji dengan cobaan dan kerikil tajam.

Terakhir, yang seharusnya turut menjadi pertimbangan Anda sebelum memutuskan untuk menikah, adalah ada tidaknya kesamaan antara Anda berdua. Memang benar, bahwa memiliki kesamaan, tidak lantas menjamin suatu hubungan pernikahan akan bahagia. Tetapi setidaknya dengan memiliki suatu kesamaan antar pasangan, Anda akan bisa menghabiskan lebih banyak waktu berdua.

Contoh, misalnya Anda sama-sama suka menonton film horror. Ya setidaknya Anda berdua akan semakin sering menghabiskan waktu untuk menyaksikan film bergenre ini. Ada sesuatu yang bisa Anda nikmati berdua. Dan ini merupakan salah satu modal untuk menjadi teman hidup.

Kurang lebihnya, kedelapan pertimbangan inilah yang perlu Anda pikirkan dan pastikan terlebih dulu, sebelum memutuskan untuk menikah. Dan bagi Anda yang memang sudah mantap melangkah ke pelaminan, saya doakan semoga langgeng dan dilancarkan segala jalannya.

Sebelum Memutuskan Menikah, Pertimbangkan Dulu Hal Ini
error: Content is protected !!