Orang bilang, jodoh itu di tangan Tuhan. Tetapi selama ini ungkapan tersebut tidak pernah menghalangi orang untuk berangan-angan. Tidak pernah menjadikan orang berhenti berupaya, karena memang seperti itulah seharusnya.

Harapan dan upaya inilah, yang kemudian memunculkan sejumlah mitos seputar enteng jodoh. Beberapa di antaranya, Anda mungkin sudah pernah mendengar.

Contohnya, adalah mitos enteng jodoh, dengan menggunakan air sisa siraman calon pengantin. Air sisa siraman pengantin wanita ini, kalau dipakai untuk mandi, dikatakan bisa mendatangkan jodoh. Itulah mengapa kadang ada orang yang sengaja datang ke acara siraman, sudah dengan niat untuk meminta air bekas siraman ini.

Lalu yang kedua, adalah mendatangkan jodoh dengan mengambil bunga melati, yang ada di sanggul pengantin wanita. Ini termasuk mitos enteng jodoh yang paling banyak dipercaya.

Variasinya, ada macam-macam. Ada yang bilang, bahwa yang mestinya diambil itu adalah bunga melatinya. Ada yang bilang, yang mestinya diambil itu adalah bunga kantilnya. Ada juga yang bilang, bahwa yang mengambil bunga dari sanggul pengantin wanita, itu ya harusnya laki-laki.

Sedangkan untuk perempuan, maka disarankan mengambil bunga dari hiasan keris mempelai pria.

Apapun variasinya, kebanyakan orang percaya, bahwa cara ini hanya akan bekerja bila diambilnya adalah dengan cara dicuri. Tanpa pakai bilang. Dan mencurinya jangan sampai ketahuan.

Cara yang paling banyak dicoba orang, untuk mencuri kembang ini, biasanya adalah dengan mengambil posisi paling dekat pengantin, ketika berfoto bersama. Tapi ingat, jangan ditarik terlalu kencang. Karena salah-salah, bukan cuma ketahuan, tapi sanggul atau kerisnya bisa-bisa malah ikut tertarik.

Di daerah Anda sendiri, apakah mitos ini masih ada dan dipercaya? Sudah pernah Anda coba buktikan sendiri, barangkali? Atau barangkali ada mitos lain, yang oleh warga setempat dipercaya bisa membantu mendatangkan jodoh? Kalau ada, boleh ceritakan di kolom komentar.

Seputar mitos enteng jodoh ini, saya cukupkan sekian. Bagi Anda yang saat ini sedang mencari pasangan hidup, saya doakan semoga lekas dipertemukan dengan yang terbaik.

Mitos Seputar Enteng Jodoh
Tagged on:                     
error: Content is protected !!