Bahasan kita kali ini, khusus untuk Anda yang ingin mengetahui watak suatu keris bertuah. Karena akan saya bagikan cara paling mudah, untuk mengetahui watak besi pusaka, berdasarkan primbon Jawa.

Jika Anda buka dalam Kitab Primbon Betaljemur Adammakna, maka bahasan ini ada di nomor 218. Judulnya Watake Wesi Aji. Atau dalam Bahasa Indonesianya, Watak Besi Bertuah. Termasuk besi bertuah, tentu saja adalah keris.

Adapun caranya sendiri, adalah dengan menghitung panjang besi bertuah tersebut, berdasarkan lebar ibu jari tangan kita. Jadi kita hitung panjang wesi aji ini, dengan lebar jempol.

Hasil perhitungannya ada lima. Yaitu Siti, Sengkali, Arjuna Mangan Ati, Randha Tunggu Donya, dan Dhandhang Tunggu Nyawa. Sekali lagi, hitungannya ada lima. Yaitu Siti, Sengkali, Arjuna Mangan Ati, Randha Tunggu Donya, dan Dhandhang Tunggu Nyawa.

Jika hitungan Anda jatuh pada Siti, maka maknanya adalah wesi aji ini berwatak melindungi, pemaaf, serta menunjukkan kebaikan. Ini termasuk hasil bacaan yang baik, sehingga besar kemungkinan, pusaka ini akan cocok untuk Anda. Diharapkan membawa sifat welas asih bagi pemiliknya.


Baca Juga :


Jika hitungan Anda jatuh pada Sengkali, maka maknanya adalah suka memberi, suka membantu, tetapi berbahaya bila marah. Hasil perhitungan ini cocok bagi Anda yang ingin lebih disegani.

Jika hitungan Anda jatuh pada Arjuna Mangan Ati, maknanya adalah berani, namun pemarah dan keras hati. Cocoknya bila hajat Anda adalah untuk pegangan keberanian dan keteguhan.

Jika hitungan Anda jatuh pada Randha Tunggu Donya, maknanya adalah tercukupi sandhang pangan, serta lancar rejekinya. Sehingga diharapkan wesi aji ini, akan menjadi pegangan rejeki yang baik bagi Anda.

Terakhir, jika hitungan Anda jatuh pada Dhandhang Tunggu Nyawa, maknanya adalah akan membawa sengsara dan penderitaan. Bisa dibilang, inilah hasil perhitungan yang paling buruk. Tandanya wesi aji tersebut, tidak cocok untuk Anda miliki.

Sampai disini, sebagian dari Anda mungkin akan bertanya. Lha kan ukuran jari tiap orang tidak sama, Bu. Berarti hasil perhitungan tiap-tiap orang, terhadap satu wesi aji yang sama, bisa berbeda?

Benar, memang hasil perhitungannya bisa berbeda untuk setiap orang. Sebab yang namanya pegangan, termasuk keris, ada kalanya cocok-cocokan. Hanya karena suatu keris itu tuahnya cocok untuk Anda, belum tentu cocok juga untuk orang lain.

Sekiranya Anda berkeinginan untuk memiliki tosan aji, atau memang sudah mempunyai pusaka bertuah, bisa dicoba cara ini untuk menentukan watak, serta cocok tidaknya pegangan Anda tersebut. Akhir kata, kurang lebihnya demikianlah yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Cara Mengetahui Watak Keris Bertuah Menurut Primbon Jawa
Tagged on:
error: Content is protected !!