Anda sedang menjalin hubungan dengan seseorang? Pastinya jika sedang menjalin hubungan yang lebih serius, Anda juga harus banyak berkomunikasi dengan orangtua pasangan alias calon mertua. Bagaimana seharusnya menjawab pertanyaan calon mertua? Apa yang harus dilakukan saat ngobrol dengan calon mertua?

Tips Menjawab Pertanyaan Calon Mertua

Pastinya obrolan dengan calon mertua akan jauh lebih serius. Anda mungkin akan bingung jika harus menjawab pertanyaan dari calon mertua, terlebih menanyakan soal keseriusan hubungan. Tak usah panik dan pastinya Anda tak perlu berbohong atau berkilah. Ikuti saja beberapa tips yang ada di bawah ini dan praktekkan langsung ketika bertemu calon mertua.

1.     Membiarkan Calon Mertua Berbicara

Bila calon mertua tampak kecewa atau marah, Anda tak perlu langsung menyerang balik. Justru Anda harus menunggu dan membiarkan calon mertua mengungkapkan apa yang dirasakan. Jangan lupa untuk memberikan wajah yang serius sebagai tanda bahwa Anda juga memperhatikan apa yang calon mertua katakan.

Anda juga harus menguasai tips obrolan bersama calon mertua. Suasana yang cair pastinya akan sulit, terutama saat calon mertua sudah memberikan sederet pertanyaan yang mungkin menyudutkan Anda. Tapi tak ada salahnya untuk melakukan hal yang baik untuk menjaga hubungan kedepannya.

2.     Hormati Orang yang Lebih Tua dan Lebih Sopan

Anda tentu harus menjaga tata cara. Ingat bahwa calon mertua adalah sosok yang lebih tua. Pastinya Anda harus melakukan komunikasi dan bersikap sopan dengan orang yang lebih tua. Tidak hanya dari pemilihan kata, tetapi Anda juga harus menjaga intonasi suara serta gerak tubuh. Semua ini akan mencerminkan bagaimana sikap Anda.

Bicaralah dengan sopan supaya calon mertua juga senang. Meskipun jawaban Anda mungkin mengecewakan calon mertua, tetapi cara berkomunikasi yang baik pasti akan mencuri perhatianya. Ingat, bahwa komunikasi juga bisa menentukan bagaimana calon mertua akan menganggap sikap Anda.

3.     Pilih Kata yang Tepat

Saat menjawab pertanyaan calon mertua, sebaiknya Anda juga lebih banyak memilih kalimat dan kata yang tepat. Hati-hati menjadi hal yang penting saat Anda berkomunikasi dengan calon mertua. Perhatikan dengan benar setiap kalimat serta kata yang Anda ucapkan. Jangan sampai keceplosan menggunakan kata yang tidak pantas.

Hindari pula mengeluarkan kalimat serta kata yang mungkin membuat calon mertua tersinggung. Untuk itu, Anda harus lebih tenang dan berpikir positif. Aura yang positif juga akan membantu Anda dalam mengungkapkan hal yang positif juga. Coba jauh lebih percaya diri supaya Anda tampak yakin saat berkomunikasi dengan mertua.

4.     Atur Emosi

Selain itu, Anda juga harus pintar-pintar mengatur emosi. Mungkin ada hal yang tidak Anda setujui. Tapi, jangan langsung mengungkapkan rasa tidak senang secara mentah-mentah. Ada baiknya Anda memilih waktu lain untuk menyampaikan apa yang dirasakan bila takut tidak mampu mengatur emosi.

Namun jika sudah yakin mau mengungkapkannya secara langsung, tentu Anda bisa langsung menyampaikannya dengan gaya bahasa yang baik dan benar. Tips  obrolan bersama calon mertua berikutnya adalah soal dominasi. Anda tentu boleh aktif saat berbicara dengan calon mertua, hanya saja perlu sedikit ditahan.

5.     Jangan Terlalu Banyak Bicara

Jangan terus-terusan berbicara sehingga calon mertua tidak bisa menjawab atau menanggapi obrolan. Berikan pula waktu untuk calon mertua bisa berbicara. Jika memang calon mertua adalah sosok yang pendiam, Anda bisa memancing pertanyaan supaya bisa berkomentar.

Di saat awal-awal perbincangan ada baiknya Anda bersikap biasa atau netral. Ingat bahwa ada tata krama di mana Anda perlu mendahulukan orang tua. Cara ini akan membantu Anda berkomunikasi dan memberikan rasa hormat kepada sosok yang lebih tua.

Tips menjawab pertanyaan calon mertua memang tak semudah dibayangkan. Tapi dengan gaya komunikasi yang baik apapun yang ingin Anda sampaikan pasti diterima dengan baik pula. Jangan lupa memahami karakteristik calon mertua agar tak salah dalam berkomunikasi.

5 Tips Menjawab Pertanyaan Calon Mertua, Wajib Diketahui!
error: Content is protected !!